Hai Sobat Hebat, memasuki tahun 2025 bukan cuma diri kita yang punya resolusi untuk menjadi lebih baik, tetapi kalau ngobrol soal bisnis, harus ada peningkatan strategi untuk tetap eksis bersaing dan semakin hebat di tahun 2025.
Tahukah Sobat, penelitian menyebutkan bahwa kendala bisnis banyak terjadi karena perubahan pasar yang cepat, tetapi pemilik usaha cenderung lambat merespons perubahan tersebut. Alhasil, berdampak pada melemahnya kemampuan bisnis untuk adaptasi dan bersaing di masa mendatang (Oktaviani et al., 2024). Kalau kesulitan beradaptasi, penjualan juga akan ikut menurun bukan? Saatnya Sobat cari tahu strategi baru untuk mempertimbangkan langkah apa yang akan diterapkan di bisnis Sobat kedepannya!
Coba deh simak 5 poin di bawah, siapa tahu bisa diterapkan di bisnis Sobat supaya bisa bersaing di tahun 2025!
- Bergabung di Media Sosial
Diera digital ini, platform online seperti media sosial menjadi alat pemasaran yang ampuh. Bagaimana tidak, produk Sobat berpeluang dilihat hingga dibeli oleh pelanggan dari berbagai daerah. Penelitian juga menunjukkan bahwa bisnis yang aktif di media sosial bisa meningkatkan penjualannya hingga 30% dalam satu tahun (Deb.sv.ugm.ac.id, 2023). Menarik, ga sih? Tidak heran jika banyak bisnis skala besar yang sampai membuat tim untuk mengurus sosial media mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di luar sana.
Selain itu, bergabung di media sosial tidak dipungut biaya sepeserpun lho. Selain gratis, cara penggunaannya juga termasuk mudah. Sobat juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk membuat konten yang menarik.
Jadi mulai kapan Sobat akan memanfaatkan media sosial untuk bisnis Sobat sendiri? Setelah ini Sobat bisa daftar langsung di Instagram, Tiktok, atau Facebook untuk siap bersaing, bersama kompetitor lain di 2025!
- Buka Toko Online di Marketplace
Marketplace adalah wadah untuk mempertemukan pembeli dengan penjual secara online. Di Marketplace, Sobat bisa membuka toko online hanya di layar handphone saja. Sepanjang tahun 2024, Shopee menjadi marketplace dengan pengunjung terbanyak, disusul oleh Tokopedia dan Lazada (Ramadhani & Dirgahayu, 2020). Jadi Sobat bisa langsung pilih, marketplace mana yang ingin Sobat coba!
Cara daftarnya juga cukup mudah, sudah disediakan formulir dari aplikasi. Sobat tinggal mengisi sesuai dengan data identitas dan bisnis yang ingin sobat daftarkan! Shopee, Tokopedia, dan Lazada juga sudah memberikan banyak fitur menarik, seperti:
- promo bulanan (tanggal kembar)
- promo harga diskon/harga coret
- promo bundling/paket
- promo gratis ongkir
- diskon harga
Fitur promo tersebut dapat Sobat pelajari di web atau aplikasi marketplace tersebut ya! Nah, pas banget Sobat bisa pelajari lebih jauh disini nih Pelatihan | Learning Management System Integra.
- Inovasi dan Layanan
Tren pasar selalu berubah, dan apa yang populer hari ini bisa jadi tidak relevan di satu bulan kedepan. Oleh karena itu, penting untuk memunculkan inovasi. Sobat bisa coba dengarkan aspirasi dari teman atau bahkan dari pelanggan mengenai apa yang mereka butuhkan, apa yang membuat mereka tertarik dengan produk Sobat, apa yang membuat mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut, serta inovasi bisa didapat dari analisis kompetitor. Apa yang bisa kamu manfaatkan dari celah dari bentuk bisnis yang sudah ada
Umpan balik dari pelanggan tersebut bisa dijadikan acuan untuk mengembangkan produk atau layanan baru yang bisa disesuaikan dengan tren dan kebutuhan pasar.
Contoh : Mendaftarkan usaha kuliner di layanan pesan antar seperti go food, shopee food, berkolaborasi dengan bisnis lain, inovasi produk baru, kemasan baru, jenis transaksi baru, mencoba soft selling dan masih banyak lagi.
- Tim yang Solid
Tim dalam suatu bisnis ibarat tulang punggung dari bisnis itu sendiri. Jika tim produktif dan bahagia, otomatis bisnis juga kan berjalan lancar. Jadi, penting untuk memerhatikan hak dan kesejahteraan karyawan. Selain itu, merekrut karyawan yang berkualitas juga merupakan investasi jangka panjang untuk perkembangan bisnis. Kinerja karyawan memengaruhi bisnis yang sedang Sobat jalankan. Jadi, usahakan jangan asal memilih karyawan dan usahakan menyeleksi terlebih dahulu sebelum menerimanya.
- Tetap Fleksibel dan Adaptif
Terakhir, tetap fleksibel adalah kunci untuk bertahan di dunia bisnis yang cepat berubah. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan beradaptasi dengan perubahan. Jika ada strategi yang tidak berjalan dengan baik, jangan ragu untuk mengubahnya. Bisnis yang mampu beradaptasi adalah bisnis yang akan terus bertahan.
Penelitian juga berbicara bahwa bisnis yang ingin tetap kompetitif dan relevan di pasar perlu adaptasi pada perubahan pasar yang dinamis. Sering memantau perkembangan pasar, struktur yang fleksibel, serta budaya inovasi dan eksperimen akan lebih mudah menghadapi perubahan pasar dan memanfaatkan peluang baru (Oktaviani et al., 2024).
Kesimpulan
Jadi, Sobat Hebat siap-siap ya untuk menghadapi tahun 2025! Dengan mengadopsi teknologi dan terjun di dunia digital, mencoba inovasi baru dan membangun tim yang lebih solid lagi, Sobat bisa memastikan bisnis tetap bersaing dan relevan.
Ingat, dunia bisnis itu dinamis, jadi selalu siapkan diri untuk perubahan. Untuk tahu lebih banyak tantangan dan solusi bisnis di tahun 2025, yuk cek Kelas UMKM Hebat, sobat bisa belajar berbagai materi salah satunya seperti Dasar Strategi Social Media Marketing | Learning Management System Integra untuk resolusi bisnis Sobat di tahun 2025.
Selamat berbisnis dan semoga sukses!
Referensi
Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Digital – deb.sv.ugm.ac.id. (2023). Ugm.ac.id. https://deb.sv.ugm.ac.id/digital-marketing-untuk-meningkatkan-daya-saing-umkm-di-era-digital/
Oktaviani, Dzakirah, N. A., Defana, M. A. B., & Noviyanti, I. (2024). Beradaptasi Dengan Perubahan Pasar Dalam Strategi Bersaing Yang Fleksibel Dan Dinamis . Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4.
Ramadhani, H., & Dirgahayu, T. (2020). Faktor Pemilihan E Marketplace di Indonesia dari Perspektif Penjual (Studi Kasus: Tokopedia dan Shopee). EXPLORE, 11(1). https://doi.org/10.35200/explore.v11i1.406