Perkembangan digital merubah berbagai hal, salah satunya cara kita berbisnis. Semenjak Covid-19, banyak orang yang sering membeli berbagai kebutuhan secara online.
Nah, Sobat Hebat pasti tidak asing lagi dengan Marketplace. Marketplace atau e-commerce adalah situs online tempat berbagai penjual menjual produk. Bayangkan saja seperti pasar tradisional, tetapi tersedia secara online. Pembeli bisa memilih, belanja, dan membayar dalam satu situs.
Membuat toko online di marketplace bisa jadi ladang keuntungan yang baru. Bagaimana tidak menurut Kementrian Perdagangan Indonesia, nilai transaksi e-commerce tahun 2023 mencapai Rp533 triliun (Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Perdagangan, 2024).Kata Kemendag, UMKM juga wajib memanfaatkan peluang ini untuk ikut serta bersaing di dunia bisnis digital. Jadi, yuk mulai membuat toko online di Marketplace!
- Pilih Jenis Marketplace
Ada berbagai jenis marketplace yang digunakan oleh warga Indonesia. Marketplace yang ramai dikunjungi sepanjang tahun 2023 adalah Shopee, disusul oleh Tokopedia, Lazada, dan Blibli (Adi Ahdiat, 2024). Setiap marketplace mempunyai karakteristik masing-masing, seperti tampilan display toko dan fitur yang disediakan.
Jadi, Sobat bisa pilih salah satu dari marketplace yang sudah ramai di kunjungi oleh pelanggan nih. Kenapa harus pilih salah satu? Karena fokus di satu marketplace terlebih dahulu bisa membuatmu paham betul mengenai fitur dan optimasinya. Setelah itu, baru deh Sobat bisa buka toko online di marketplace lain untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Gimana? Sudah paham dong?
- Mulailah buat Akun Penjual
Setelah pilih marketplace, mulailah daftar sebagai penjual. Temukan situs webnya atau bisa mendownload aplikasi khusus untuk penjual, lalu isi formulir yang sudah disediakan. Pastikan sobat membuka situs web atau aplikasi yang tepat dan mengisi formulir dengan valid. Jika sudah, tunggu beberapa saat untuk bisa masuk dengan akun penjual yang sudah Sobat daftarkan.
Tips : siapkan identitas diri seperti KTP, NPWP (terkadang diperlukan), e-mail, dan jaringan internet yang berkualitas.
- Menata Display Toko
Setelah berhasil daftar akun sebagai penjual, maka mulailah menata tampilan toko online dari menu edit. Disana Sobat bisa mengatur berbagai hal, seperti:
- menambahkan deskripsi dan nomor telepon toko
- mengganti foto profil, menambahkan tagline toko
- mengatur display produk, deskripsi produk, dan diskon produk
Hal diatas bisa dilakukan dengan mudah dengan mengikuti formulir yang sudah disediakan. Ternyata mudah dilakukan lho!
Tips : Jangan lupa upload foto profil yang berkualitas, tagline yang unik, foto produk yang jelas, deskripsi yang mudah dipahami, juga keterangan alamat serta nomor telepon yang valid. Hal ini akan berpengaruh pada pandangan pelanggan nantinya.
- Pasang Promo & Iklan
Setelah display dibuka, tariklah pembeli dengan pasang berbagai promo menarik, seperti harga paket, harga pembelian pertama, atau pasang iklan yang sudah marketplace tawarkan. Promo dan iklan yang ditawarkan marketplace ini terdiri dari berbagai jenis loh! Jadi pastikan Sobat cari tahu lebih banyak fitur di marketplace tersebut ya!
Selain sudah disediakan, Sobat juga bisa atur target market secara spesifik dengan tarif yang beragam. Menarik bukan?
Iklan biasanya menjadi pilihan menarik jika produk ingin dipasarkan secara otomatis. Tarif iklan juga tidak semahal yang sobat kira loh! Contohnya di Shopee, Sobat bisa iklan dengan tarif minimun Rp2.500 saja! Coba deh cek webnya langsung
Nah, itu dia beberapa langkah yang wajib Sobat coba untuk membuka toko online di Marketplace. Perlu ketelitian dan konsisten agar dapat pembeli pertama. Selain itu, jangan lupa mencari berbagai tips atau cara agar Sobat bisa banjir orderan di Marketplace. Sobat bisa ikuti pelatihan dan kelas gratis dari Kelas UMKM Hebat untuk tau lebih banyak strategi digital marketing dan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan kamu nantinya!
Penulis : Fani Dwi Lestari
Referensi
Adi Ahdiat. (2024, January 10). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Katadata.co.id; Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/3c9132bd3836eff/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
Cara Mengoptimalkan Iklan Shopee dengan Baik | Iklanku Indonesia. (n.d.). Iklan.shopee.co.id. https://iklan.shopee.co.id/learn/faq/57/20
Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Perdagangan. (2024, January 5). Kemendag Ramal Transaksi E-Commerce di RI Tembus Rp533 Triliun – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Www.kemendag.go.id. https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/kemendag-ramal-transaksi-e-commerce-di-ri-tembus-rp533-triliun