Halo Sobat! Di bulan Ramadhan ini, Sobat pasti akan merasakan suasana yang khas. Yap betul, hari raya idul fitri. Kalau dilihat dari kacamata pebisnis nih, idul fitri jadi peluang usaha yang menjanjikan. Gimana enggak, di bulan ramadhan konsumen lebih aktif berbelanja untuk memenuhi kebutuhan terutama untuk persiapan hari raya! Itulah mengapa ramadhan menjadi waktu yang pas untuk para UMKM tampil mempromosikan dagangannya.
Biasanya nih, pertanyaan penguasa pemula adalah “Apa saja yang harus dilakukan agar penjualan meningkat?” Yuk langsung saja simak!
- Optimalkan Sosial Media
Sobat pasti tahu bagaimana powerfullnya sosial media untuk promosi produk. Kebanyakan customer sekarang adalah selalu melihat sosial media terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang atau jasa. Apakah tempat itu bagus? Apakah makanannya menarik? Apa saja pelayanannya? Pertanyaan-pertanyaan yang harapannya bisa terjawab ketika customer membuka profil sosial media.
Sederhananya, sosial media adalah cerminan usaha Sobat. Jadi, dari postingan sosial media, customer bisa melihat apa saja yang sobat jual, bagaimana wujudnya, dan apa saja layanan yang ditawarkan. Selain itu, dengan sosial media, Sobat bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di luar sana. Baik satu wilayah maupun luar wilayah. Yuk belajar gimana cara mengelola sosial media untuk marketing di Dasar Strategi Social Media Marketing ya!
- Buat Promo dan Diskon
Mendekati idul fitri, tingkat konsumsi semakin tinggi. Terutama pada platform toko online atau e-commerce. Biasanya orang-orang berburu promo dan diskon yang hanya ada disaat menjelang lebaran. Minhe yakin, Sobat juga pernah kan mencari diskonan?? Strategi diskon ini bisa meningkatkan daya tarik produk dan mendorong customer untuk membeli lebih banyak produk. Contohnya, beli 1 gratis 1, Cashback pembelian, Voucher diskon khusus ramadhan, flash sale, dan lain sebagainya
Promo dan diskon ini juga bisa Sobat terapkan diberbagai platform toko online! Selain itu, banyak fitur dari marketplace sendiri yang bisa Sobat coba untuk menarik pembeli datang. Untuk optimalisasi marketplace, Sobat bisa belajar dari Marketplace Optimization Untuk UMKM.
- Memaksimalkan Network
Sobat bisa mencoba untuk menyebarkan, memberi paket tester, atau mempromosikan produk atau layanan yang Sobat jual ke teman-teman yang Sobat punya, itu juga bagian dari peluang marketing sederhana. Dari satu teman ke teman yang lain, produk Sobat bisa dikenal. Nah, jika produk Sobat konsisten berkualitas, maka kesempatan mendapat pelanggan setia terbuka.
Tips ini bisa dimulai dari membuat broadcast mengenai usaha sobat, lalu sebarkan dalam grup alumni, teman-teman kerja, dan relasi Sobat yang lain. Bisa juga ditambahkan dengan penawaran promo khusus “jalur teman” nih.
- Tingkatkan Performa di Dunia Digital
Platform digital yang dimaksud adalah toko online yang Sobat punya nih. Kenapa harus toko online? karena dijaman yang serba digital ini, usaha yang Sobat jalankan berpeluang besar diketahui banyak orang hanya dari layar kaca saja. Selain itu, tidak perlu membayar, alias gratis. Gimana caranya?
- Tingkatkan kualitas foto dan video produk Sobat
- Balas chat customer dengan cepat dan tepat!
- Sinkronisasi stok barang di online dan offline
- Membuat konten yang berpeluang viral, contohnya menggunakan lagu, editing video yang menarik dan variasi konten yang tidak monoton
Jadi, sederhananya adalah buatlah toko online kamu cantik, aktif, dan menampilkan secara jelas apa yang kamu jual dengan hal menarik. Terutama di sosial media, Sobat bisa belajar dari pebisnis yang sudah berpengalaman di Optimasi Instagram dan Tiktok untuk Pemasaran agar cuan makin mengejar!
- Adakan Program Giveaway THR
Bagi-bagi THR dengan cara giveaway juga termasuk cara jitu untuk menumbuhkan brand awareness pada calon pembeli. Giveaway biasanya diadakan dengan syarat harus memfollow akun jualan, komentar pada postingan jualan, dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, mereka para audience akan melihat apa yang Sobat jual dan tawarkan melalui sosial media. Oleh karena itu, akan berpeluang mendapatkan pelanggan dan diketahui banyak orang.
- Buat Produk atau Layanan Khusus Ramadhan
Pada poin ini, Sobat bisa coba membuat layanan atau produk yang hanya dijual pada saat bulan ramadhan. Contohnya gimana? Contohnya, sebuah restoran membuat menu paket untuk buka bersama. Jadi restoran membuat paket bundling yang mereka jual.
Cara ini bisa Sobat coba dengan menyesuaikan usaha yang Sobat jalankan. Contohnya, jika Sobat punya bisnis kue kering atau berbau baking, Sobat bisa membuat paket bundling untuk hampers lebaran dan snack lebaran dengan harga yang kompetitif. Tentu saja ini akan dinilai menarik oleh calon pembeli terutama dibulan ramadhan ini.
- Endors Influencer
Menggandeng influencer menjadi opsi menarik ketika Sobat punya modal lebih. Sebelum itu, Sobat harus paham betul bagaimana kriteria untuk memilih influencer yang memiliki nilai sejalan dengan bisnis Sobat.
Ada berbagai jenis yang bisa dikolaborasikan, seperti membuat konten bareng, review produk, giveaway juga, dan lain-lain. Pastikan Sobat sudah survei beragam influencer untuk menemukan kecocokan jenis audiens yang influencer tersebut punya.
- Mengikuti Bazar dan Kegiatan Ramadhan
Kita tahu bahwa di bulan ramadhan ini tingkat pembelian masyarakat meningkat, banyak bazar ramadhan yang dibuat untuk memeriahkan momen puasa terutama bidang kuliner. Selain itu, juga bidang fashion. Tentu saja ini peluang yang menarik. Juga dapat membuka peluang baru, seperti produk dikenal banyak orang, relasi sesama pedagang, dan pengalaman sebagai evaluasi bisnis Sobat kedepannya loh.
- Layanan Pesan Antar
Peluang lain yang bisa Sobat bisa coba adalah layanan delivery dimana sobat menyediakan layanan pesan antar untuk pelanggan. Bisa jadi strategi ini meningkatkan minat pembeli untuk belanja di toko online yang Sobat punya.
Jangan lupa pertimbangkan sistem untuk pesan antar agar Sobat tidak boncos. Bisa dengan mencantumkan minimal pembelian, free antar dengan lokasi kurang dari 5 km, dan lain-lain.
- Challenge Berhadiah
Jika bisnis Sobat aktif di sosial media, Sobat bisa coba mengadakan challenge untuk meningkatkan trafik dan pengunjung baru. Misalnya, Sobat mengadakan challenge foto atau video yang menunjukkan bahwa pembeli sedang buka bersama di restoran yang Sobat punya dengan video semenarik mungkin.
Challenge seperti ini akan membuat orang tertarik untuk ikut berpartisipasi. Tidak hanya itu, mereka juga akan tertarik berbelanja apa yang Sobat jual.
Itu dia 10 tips yang wajib Sobat coba untuk meningkatkan penjualan di bulan ramadhan. Selain menjadikan momen ramdhan sebagai ajang berlomba kebaikan, juga jadikan sebagai peluang mencari keuntungan dengan jalan yang benar. Jika Sobat ingin tahu lebih banyak strategi penjualan, bisa di kelas https://kelas.umkmhebat.id/ yaa! Sampai jumpa Sobat Hebat.