Tahukah Sobat bahwa usaha yang sedang kamu kembangkan adalah bagian dari penopang ekonomi indonesia. Salah satunya, berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan nasional sebesar 61,07%. Tidak hanya itu, UMKM yang sedang Sobat pertahankan sudah menyerap kurang lebih 97% dari total tenaga kerja di Indonesia (Thamrin Abduh et al., 2024). UMKM juga sudah diatur dalam peraturan negara pada UU No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dijelaskan bahwa UMKM adalah usaha yang dimiliki oleh orang perorangan dan atau badan usaha perseorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro yang diatur oleh undang-undang, yaitu usaha yang punya kekayaan bersih kurang lebih Rp50.000.000-Rp500.000.000.
Oleh karena itu, peran UMKM sangat penting untuk ekonomi negara. Banyak dari UMKM yang sudah berjalan sering menghadapi tantangan, seperti modal, pemasaran, tenaga kerja yang kurang kompeten, pengelolaan operasional dan lain sebagainya. Mengembangkan UMKM tidak hanya soal kerja keras, tapi juga bagaimana menerapkan strategi yang tepat.
Nah, jika Sobat ingin membawa bisnis naik ke level lebih tinggi, yuk kita bahas beberapa tips dan trik yang bisa membantu mengembangkan usahamu agar lebih maju! UMKM Hebat punya beberapa poin menarik yang bisa menjadi opsi untuk Sobat terapkan!
Tips dan Trik Mengembangkan UMKM
- Kenali Target Pasar dengan Tepat
Target pasar adalah kelompok konsumen yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang sedang bisnis Sobat tawarkan. Bayangkan saja ini semacam komunitas yang punya kebutuhan dan keinginan yang sama, jadi mereka akan cenderung dan berpeluang besar untuk membeli produk dan memakai layanan dari bisnismu. Gimana cara mengenalinya? Menentukan dan mengenali target pasar dilakukan dengan mengelompokkan kriteria pelanggan yang tepat dengan produk yang Sobat jual. Ini dia pengelompokan yang bisa membantu Sobat mengenali target pasar yang tepat.
a. Kenali Karakteristik Pelanggan, yaitu membaca calon pelanggan dengan kelompok usia dan jenis kelamin.
Contohnya, produk yang Sobat jual adalah Tas Ransel dan ingin menargetkan pelanggan laki-laki usia 20-30 tahun maka produk yang Sobat jual menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketertarikan pada laki-laki usia 20-30 tahun, yaitu Tas Ransel dengan desain yang maskulin sederhana dan terdapat kantong fungsional.
b. Kenali Berdasar Wilayah, produk yang Sobat jual disesuaikan dengan lokasi dan iklim.
Contohnya Sobat berbisnis di bidang minuman seperti es teh, maka di kota kota besar dengan cuaca panas berpeluang cocok untuk perkembangan bisnis ini. Begitu juga dengan bisnis kopi yang akan berpeluang untuk berkembang di wilayah yang identik dengan keberadaan mahasiswa dan Universitas atau remaja yang memiliki hobi ngopi serta nongkrong.
c. Pahami Perilaku Pelanggan, kenali pelanggan dengan melibatkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, status perkawinan, dan jenis pekerjaan yang dapat Sobat baca pada calon pelanggan.
Pertama, Sobat harus tahu gaya hidup mereka. Misalnya, apakah mereka suka berolahraga, traveling, atau lebih senang tampil modis? Setelah itu, cari tahu juga apa yang mereka suka. Apakah mereka lebih tertarik pada barang yang praktis dan nyaman, atau yang sedang tren di media sosial? Selain itu, penting juga untuk memahami nilai-nilai mereka. Misalnya, ada orang yang sangat peduli dengan lingkungan dan lebih suka beli produk yang ramah lingkungan. Nah, dengan semua informasi ini, kamu bisa menciptakan produk yang pas banget buat mereka. Jadi, kalau Sobat bisa menjawab kebutuhan dan keinginan mereka, peluang untuk mereka jadi pelanggan setia pun jadi lebih besar.
2. Ikuti Kegiatan dan Jalin hubungan berbagai Pihak
Jika Bisnis sobat ingin berpeluang dikenal banyak kalangan dan berbagai jenis pelanggan maka ikuti kegiatan seperti bazar, festival, dan pameran. Di kegiatan ini membuat bisnis sobat akan pertontonkan dan berpeluang mendatangkan hubungan baru, seperti kolaborasi, kemitraan, dan kerjasama. Selain itu, jika sobat aktif dalam kegiatan tadi, juga bisa melihat dan membaca kompetitor bisnis yang nantinya bermanfaat sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan produk dan nilai bisnis Sobat kedepannya. Jadinya makin terdorong deh untuk maju.
3. Bangun Identitas yang kuat dengan nilai
Bisnis dengan identitas kuat pasti mudah dikenal oleh pelanggan. Kok bisa? karena bisnis yang punya nilai bisa menjadi pembeda dari kompetitor lain. Tidak cuma itu, identitas kuat juga dibangun dari nilai yang ada di tujuan dan visi misi bisnis. Contohnya nih, bisnis makanan Sushi Tei. Mereka terkenal sama konsep “fresh and healthy” komitmen untuk menggunakan bahan segar berkualitas. Selain itu, mereka juga mengedukasi pelanggan dengan budaya Jepang bagaimana cara makan sushi dengan benar. Pelanggan tidak hanya makan tetapi juga belajar.
Berbagai bentuk identitas bisa dibangun dari berbagai aspek contohnya kualitas bahan baku, pelayanan yang memuaskan, pengalaman pelanggan, model kemasan, bentuk tempat dan nilai identik lain yang hanya dimiliki oleh bisnis itu sendiri, Jadi apakah bisnis sobat sudah beridentitas kuat?
4. Adaptasi Perkembangan Teknologi
Bisnis harus tetap beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya pada digitalisasi. Sekarang banyak dari pelanggan yang tahu dan ingin mencoba hal baru dari media sosial, juga tidak jarang dari mereka memilih untuk belanja online alih-alih datang ke toko. Itulah kenapa wajib bagi Sobat harus update bisnis di era serba digital ini. Bagaimana caranya? Pertama, pantau perkembangan dunia digital, pelajari dan bergabunglah pada peluang baru seperti e-commerce untuk memperluas jangkauan penjualan, Siaran Langsung untuk menawarkan produk dan jasa secara online, kemudian Food Delivery untuk bisnis makanan dan minuman, tidak lupa Media sosial untuk pemasaran yang efektif, dan interaksi sama pelanggan secara online.
Tidak hanya pada penjualan, adaptasi dengan teknologi digital juga bermanfaat untuk operasional bisnis, contohnya aplikasi online dan website yang dikembangkan untuk membuat laporan bisnis sobat dan manajemen keuangan agar lebih tertata.
5. Pelatihan keterampilan dan Pengetahuan
Adaptasi perkembangan pasar pasti membutuhkan pengetahuan dan keterampilan baru. Sobat harus terus belajar ilmu baru untuk diterapkan agar semakin berkembang. Salah satunya dengan ikut pelatihan dan kelas. Salah satunya bisa dapatkan dari program yang dibuat oleh UMKM Hebat oleh YKBN (Yayasan Kagama Bhakti Nusantara) untuk membantu Sobat mendapatkan pelatihan, kegiatan seperti workshop, Inkubasi, dan Training dengan mentor berpengalaman dan profesional di bidangnya. Tenang saja, kegiatan ini dilaksanakan gratis dan untuk informasi lengkapnya kunjungi website kami di umkmhebat.id juga media sosial kami www.instagram.com/umkmhebat.id. Tunggu apalagi? yuk daftar dan dapatkan keterampilan dan ilmu baru untuk bisnis lebih maju!
Penulis : Fani Dwi Lestari
referensi
Menko Airlangga: Pemerintah Dukung Bentuk Kolaborasi Baru agar UMKM Indonesia Jadi Bagian Rantai Pasok Industri Global – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2024). Ekon.go.id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5885/menko-airlangga-pemerintah-dukung-bentuk-kolaborasi-baru-agar-umkm-indonesia-jadi-bagian-rantai-pasok-industri-global
Thamrin Abduh, Hasanuddin Remmang, Abubakar, H., & Karim, A. (2024). Entrepreneurship and MSME market orientation toward creative industries: Society Era 5.0 in Makassar city. Asian Economic and Financial Review, 14(2), 76–87. https://doi.org/10.55493/5002.v14i2.4964